Cara Terbaik Obati Gatal Akibat Alergi

No Comments Obat

Anda kerap mengalami gatal setelah tak sengaja menyentuh atau terkontaminasi benda asing? Bisa jadi Anda terkena penyakit yang bernama alergi. Alergi merupakan respon yang terjadi saat tubuh bereaksi terhadap zat atau benda asing yang tak sengaja masuk atau terhirup oleh tubuh. Zat atau benda asing tersebut bisa berupa tungau debu, serbuk sari dari tanaman, polusi udara, hingga bulu atau kulit hewan.

Keluhan yang kerap terjadi saat seseorang terkena alergi adalah gatal serta ruam pada bagian kulit tertentu. Namun diluar itu, tak menutup kemungkinan alergi juga mengakibatkan beberapa keluhan dibawah ini:

– Bersin-bersin

– Mata gatal dan berair

– Pembengkakan pada bibir, mata, lidah, serta wajah

– Sakit perut

– Mengi (suara saat bernapas)

– Sesak 

– Batuk

Cara ampuh mengobati gatal akibat alergi:

1. Oatmeal 

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang dinilai mampu meredakan gatal akibat alergi. Selain meredakan rasa gatal, ia juga mampu mengurangi rasa tidak nyaman serta menenangkan kulit yang sedang mengalami alergi. Itulah sebabnya mengapa oatmeal kerap kali dijadikan bahan utama produk bodycare seperti sabun dan juga lotion.

2. Pelembab kulit

Pelembab mampu menahan air pada lapisan terluar kulit sehingga membantu menghidrasi kulit agar kulit tak jadi lebih kering dan gatal. Anda dapat menyesuaikan pelembab kulit dengan jenis dan kondisi kulit masing-masing. Namun pastikan kandungan pelembabnya tinggi sehingga dapat menghidrasi kulit dengan maksimal.

3. Kompres air dingin

Mengompres bagian kulit yang gatal menggunakan air dingin dinilai mampu meringankan rasa gatal akibat alergi yang terjadi. Anda bisa menggunakan handuk dengan rendaman air dingin lalu mengompres kulit yang mengalami keluhan gatal secara perlahan. Selain mampu meringankan gatal, kompresan air dingin juga membantu meredakan peradangan yang terjadi pada kulit akibat alergi yang diderita. 

4. Tidak menggaruk kulit

Meski gatal, menggaruk kulit saat alergi nyatanya hanya memperparah keadaan alergi. Menggaruk kulit yang gatal mampu mengakibatkan kulit menjadi robek sehingga penyembuhan kulit bisa jadi lebih sulit. Tak jarang kebiasaan menggaruk kulit ini juga bisa sebabkan infeksi terjadi.

5.Antihistamin

Antihistamin memang kerap dijadikan salah satu obat ampuh untuk redakan gatal akibat reaksi alergi. Kandungannya bekerja dengan memblokir zat histamin penyebab gatal sehingga rasa gatal akibat alergi dapat diatasi secara perlahan. 

6. Hydrocortisone

Hydrocortisone kerap ditemukan pada krim anti gatal. Hydrocortison atau obat dengan golongan kortikosteroid ini mampu menghambat respon peradangan dalam tubuh dan ikut membantu menenangkan kulit yang gatal serta meradang akibat alergi. Penggunaan krim hydrocortison biasanya dilakukan dalam waktu yang singkat. Saat keluhan gatal akibat alergi berkurang dan membaik, penggunaan krim pun harus dihentikan. 

Mefurosan krim

Salah satu obat alergi dengan golongan kortikosteroid yang dapat Anda coba untuk meredakan gatal pada kulit akibat alergi adalah Mefurosan krim. Didalam obat alergi ini terdapat kandungan Mometasone furoate sebanyak 0.1% yang mampu meringankan gejala alergi berupa:

  • Gatal
  • Kulit kering dan bersisik
  • Peradangan pada kulit
  • Kulit kemerahan

Untuk menggunakanya, Anda cukup mengoleskan Mefurosan krim tipis-tipis pada bagian kulit yang mengalami gatal akibat alergi. Sebelum menggunakan obat alergi Mefurosan krim, pastikan Anda mendapat arahan dan anjuran oleh dokter spesialis. Penting juga untuk tetap memperhatikan dosis penggunaan sesuai dosis anjuran yang telah diberikan.

Apa Saja Manfaat dan Efek Samping Prohelic?

supelemen Prohelic

Selama masa kehamilan dan menyusui, ibu membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih banyak. Namun, makanan bergizi saja belum tentu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral ibu karena nutrisi tersebut harus dibagi dengan janin yang ada di dalam kandungan maupun bayi yang masih menyusui. Karena itu, ibu butuh asupan gizi lain. Salah satunya berasal dari suplemen yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral, contohnya suplemen Prohelic ini. 

Prohelic adalah suplemen yang mengandung nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, dan asam lemak yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui. Lebih jauh, suplemen yang diproduksi oleh Promedrahardjo ini mengandung zat besi 30 mg, asam folat 0,8 mg, vitamin B1 6 mg, vitamin B6 5 mg, vitamin B12 0,025 mg, niasinamida 30 mg, DHA 200 mg, minyak ikan 10%, dan EPA 50% dalam setiap kapsulnya. 

Manfaat Prohelic

Adapun manfaat dari suplemen ini adalah sebagai berikut :

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

Selama masa kehamilan dan menyusui, rasa lelah akibat perubahan waktu tidur dan pola makanan mungkin sering dialami ibu hamil dan menyusui. Hal ini menyebabkan ibu rentan terserang penyakit tertentu. 

Untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan maupun menyusui, ibu dapat mengonsumsi suplemen ini. 

  1. Memberikan Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Janin 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ibu hamil membutuhkan nutrisi lebih banyak karena nutrisi tersebut akan dibagi dengan janin dalam kandungan. Apabila nutrisi tidak tercukupi dapat mengganggu tumbuh kembang janin. 

Dengan berbagai kandungan vitamin, mineral, dan asam lemaknya, Prohelic dapat membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari sekaligus membantu tumbuh kembang janin dengan optimal. 

  1. Mencegah Terjadinya Anemia

Zat besi berperan dalam meningkatkan produksi sel darah dalam tubuh serta melancarkan peredaran oksigen di seluruh tubuh.

Pada ibu hamil, oksigen ini kemudian akan diteruskan pada janin dalam kandungan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan ibu hamil rentan mengalami anemia dan meningkatkan risiko bayi lahir dalam keadaan prematur. Dalam kondisi yang lebih serius, kondisi ini dapat menyebabkan kematian pada bayi.  Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan zat besi dua kali lebih banyak. 

Dengan mengonsumsi Prohelic yang kaya akan zat besi ini dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil akan zat besi dan mencegah terjadinya anemia. 

Efek Samping Prohelic

Prohelic cenderung aman apabila dikonsumsi sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan atau mengikuti anjuran dokter. Namun, kemungkinan munculnya efek samping tetap ada yang disebabkan alergi terhadap salah satu kandungan dalam Prohelic.

Umumnya, suplemen ini menimbulkan efek samping, seperti feses berwarna hitam, diare, sakit perut, mual, muntah, dan reaksi alergi lainnya. 

Jika muncul reaksi alergi atau efek samping tidak kunjung mereda dan semakin bertambah parah , segera hentikan pemakaian suplemen ini dan konsultasikan pada dokter. 

Hal penting lain yang harus diperhatikan, yaitu suplemen ini tidak dapat digunakan pada pasien yang sedang menerima transfusi darah berulang dan penderita anemia yang bukan disebabkan kekurangan zat besi. 

Dosis dan Aturan Pemakaian 

Prohelic dapat dikonsumsi setelah makan sebanyak 1 kapsul per harinya dan simpanlah suplemen ini pada suhu ruang, kering, dan terlindung dari sinar matahari. 

Harga 

Dikemas dalam bentuk box, Prohelic dengan harga sekitar Rp 200.000 untuk isi 3 strip/ box dan Rp 60.000 untuk isi 1 strip. Setiap 1 strip Prohelic tersedia 10 kapsul yang dapat dikonsumsi 1 kapsul setiap harinya. 

Lebih Dekat dengan FDC Dental Clinic Pondok Aren

Perawatan gigi yang optimal menjadi salah satu komitmen dari FDC Dental Clinic Pondok Aren. Komitmen tersebut diwujudkan dalam berbagai pelayanan yang diberikan kepada masyarakat agar menciptakan hasil maksimal seperti gigi yang indah dan sehat. 

Jenis perawatan yang menjadi fokus FDC Dental Clinic Pondok Aren  ialah seni dan ilmu kedokteran gigi dengan banyak aspek yang mencakup pengetahuan biologi, ilmu material, pshycology, seni, bisnis, kedokteran, teknik, hingga kemanusiaan. Klinik tersebut juga menawarkan rekomendasi terbaik untuk perawatan kesehatan gigi serta mulut Anda agar lebih terjaga kesehatannya. 

Karena itu, FDC Dental Clinic Pondoh Aren hadir untuk mebantu dan mendukung perawatan gigi yang optimal. Terdapat beragam pilihan perawatan gigi yang menarik yang bisa Anda nikmati di klinik tersebut. Mulai scaling, cabut gigi, hingga perawatan saluran akar (PSA) gigi. 

Mengulik sejarah FDC Dental Clinic Pondok Aren  


Sejak 2010, FDC Dental Clinic hadir di tengah masyarakat untuk memberikan perubahan dalam memberikan edukasi kesehatan gigi serta dipercaya oleh banyak pasien di seluruh Indonesia dalam perawatan gigi yang sehat dan indah.

Selam bertahun-tahun bergerak di bidang kesehatan, khusunya perawatan gigi, FDC Dental Clinic memiliki 11 lokasi atau cabang dengan konsep unik. Salah satunya ialah FDC Dental Clinic Pondok Aren. 

Pelayanan Baru di Tengah Pandemi 

Era baru di tengah pandemic juga membuat FDC Dental Clinic Pondok Aren berinovasi dan menciptakan pelayanan baru. Kini, klinik tersebut juga menerapkan standar protokol kesehatan terbaru demi keselamatan dan kenyamanan pasien. 

Untuk pelayanannya, dokter beserta perawat juga menggunakan  alat pelindung diri (APD) level 3. Bahkan, setiap ruangan juga dilengkapi air purifier dan UV light

Tak hanya itu, alat-alat dental yang digunakan pun selalu disterilkan dengan menggunakan autoklaf dan sterilisator. Dengan begitu, pelayanan yang diberikan FDC Dental Clinic Pondok Aren terjamin sangat steril.

Apa saja pilihan perawatan gigi yang diberikan?

  • pasang serta perawatan behel gigi
  • Bleaching atau teeth whitening
  • Veneer gigi
  • Scaling atau pembersihan karang gigi
  • Tambal gigi
  • Cabut gigi
  • Perawatan saluran akar (PSA)
  • Crown
  • Bridge
  • Odontectomy
  • Perawatan gigi lainnya

Mengapa memilih FDC Dental Clinic Pondok Aren?

FDC Dental Clinic Pondok Aren selalu mengedepankan lima nilai yang sangat dijunjung tinggi seperti integritas, berkualitas, belajar dan bertumbuh, serta bersyukur dan berkelimpahan.

  • Integritas

Dalam memberikan pelayanan, FDC Dental Clinic Pondok Aren menyesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan sehingga mencapai hasil yang maksimal. Klinik tersebut berkomitmen memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan bersama. 

  • Berkualitas
    Pelayanan yang berkualitas selalu diciptakan klinik ini untuk mencapai kepuasan pelanggan. Karena kepuasan pelanggan adalah prioritas utama FDC Dental Clinic. 
  • Belajar dan bertumbuh 

Dalam memenuhi kebutuhan pasien, FDC Detal Clinic tak henti-hentinya untuk terus berinovasi dan menciptakan karya yang kreatif dalam meningkatkan pelayanan yang sebagian besar ditungjang teknologi terbaru.

  • Bersyukur & berkelimpahan 

Untuk memberikan hasil yang maksimal, kinerja tim serta berbagai pihak di dalamnya dibangun dengan rasa tanggung jawab, jujur, amanah, serta kerja keras sehingga semua perawatan yang dilakukan berjalan dengan lancar. 

Jam operasional FDC Dental Clinic Pondok Aren 

Pelayanan di FDC Dental Clinic Pondok Aren buka pasa Senin-Minggu pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. 

(Kecuali hari libur nasional yang ditetapkan pemerintah serta internal event)

Berapa harga perawatan di FDC Dental Clinic Pondok Aren?

Harga perawatan gigi yang diberikan FDC Dental Clinic Pondok Aren mulai dari Rp 99.000. Harga tersebut juga bisa lebih bergantung dengan perawtaan gigi yang dilakukan. Untuk infoemasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi link berikut ini: https://www.fdcdentalclinic.co.id/harga-spesial

Alamat FDC Dental Clinic Pondok Aren 

Jalan Ceger Raya Nomor 90, Kelurahan Jurang Mangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten, 15222.

4 Cara Tingkatkan gairah seksual dengan Payudara Kenyal Ala Breasty Plus

BREASTY PLUS

Membahagiakan pasangan menjadi kepuasan tersendiri, terlebih jika urusan ranjang terpenuhi dan terpuaskan satu sama lain. Salah satu bagian tubuh wanita yang memberi percikan gairah di ranjang ialah payudara, menambah kenikmatan dalam bercinta. Payudara yang kenyal, lembut, halus, dan kencang akan semakin meningkatkan libido pasangan. Sentuhan-sentuhan lembut pada payudara dapat membantu mencapai klimaks. Stimulasi yang berasal dari sentuhan dapat meningkatkan rangsangan seksual sendiri maupun pasangan.

Selain menggunakan breasty plus, Anda juga bisa menjaga kekenyalan payudara dengan cara lain, lho. Nah, untuk mewujudkan itu, tentu diperlukan penunjang payudara yang kenyal, tampak berisi, dan sehat. Bagaimana sih cara meningkatkan gairah seksual dan membakar suasana dengan libido yang memuncak? Yuk simak ulasannya berikut. 

  1. Memijat tubuh menggunakan payudara

Memberi pijatan lembut kepada pasangan dengan payudara, sentuhan lembut dan pijatan ringan dari payudara akan memberikan sensasi tersendiri dan pasangan akan semakin bergairah. Sehingga akan saling berusaha mencapai kepuasan dan klimaks bersama-sama. 

Selain memijat tubuh, payudara juga bisa memberi seks oral kepada suami. Alih-alih menggunakan tangan, goda suami dengan lakukan seks oral menggunakan payudara. Suasana dan sensasi pun akan semakin liar.

  1. Mengenakan baju tidur yang menggoda

Ketika suami sedang tidak dalam mood untuk bercinta atau kurangnya gairah untuk melakukan hubungan. Maka cara ini dapat dilakukan. Lingerie yang berbahan halus dan sedikit tranparan, membuat tubuh terlihat menjadi lebih seksi dan menggoda. Pilihlah lingerie yang sesuai dengan ketertarikan seksual diri sendiri maupun pasangan. Bisa yang berbahan lace, renda, tille yang sedikit menerawang, lalu gairah suami pun akan semakin bergejolak. 

Mengenakan lingerie juga dapat memberikan rasa percaya diri. Perasaan percaya diri akan mengubah sikap dan cara melakukan sesuatu, Sehingga aura seksi dan daya tarik seks pun akan terpancar. 

Terdapat banyak model lingerie yang ada dipasaran, seperti thong, baby doll, push up bra, cosplay, G-string, kimono, dan lain-lainnya. Model baby doll cocok untuk yang memiliki perut dan paha yang besar, karena model ini bisa menyamarkan bentuk perut dan paha yang besar. Sehingga tubuh kelihatan seksi dan menggoda sekali. Model push up bra, cocok untuk yang memiliki payudara kecil. Jika mengenakan push up bra, payudara akan terlihat lebih bervolume dan ketat. 

  1. Memainkan payudara

Salah satu tempat sensitif payudara ialah puting. Sensasi menaikkan gairah dan rasa puas bisa diraih dari stimulasi pada puting payudara. Pada puting payudara terdapat banyak saraf sensitif yang dapat menaikkan gairah seks hingga bahkan mencapai klimaks. Suami dapat menyentuh bagian putting dengan jari dan lakukan memijat di bagian payudara. Lalu coba untuk mencubit lembut, memeras ringan, dan memelintir area sekitar puting. 

Suami bisa melakukan cara tersebut untuk meningkatkan gairah seksual bersama. Tak hanya bisa menggunakan tangan, suami juga bisa melakukan stimulasi ini dengan menggunakan lidah maupun bibir agar pengalaman seksual pun terasa lebih intens.

  1. Membalurkan lotion atau minyak

Balurkan lotion atau minyak zaitun pada payudara untuk menciptakan sensasi seksual yang berbeda. Rasa sentuhan licin pada payudara memberi stimulasi rangsangan kepada pasangan. Sehingga, persiapan bercinta pun semakin menyenangkan dan orgasme dapat diraih bersama-sama.

Pelumas yang dapat digunakan, seperti minyak zaitun, baby oil, maupun pelumas dari berbagai merk yang beredar selama pelumas tersebut telah memiliki BPOM dan aman untuk area sensitif payudara. 

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan gairah seksual melalui rangsangan payudara. Stimulasi ini bisa merangsang diri sendiri dan juga pasangan dalam bercinta. Jika payudara sehat, maka kegiatan seks pun akan semakin seru dan memuaskan.

Manfaat Menggunakan Smartwatch Seperti Smartwatch Garmin

Smartwatch Garmin adalah salah satu merek produk smartwatch atau jam tangan pintar yang bisa membantu kehidupan kita sehari-hari. Kini ada banyak fitur yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan smartwatch.

Berikut beberapa manfaat dan keuntungan menggunakan smartwatch seperti smartwatch Garmin.

Smartwatch Garmin memiliki beberapa fitur indikator kesehatan yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi kebugaran dan kesehatan tubuh. Ada lima indikator kesehatan yang bisa dideteksi menggunakan smartwatch Garmin, seperti berikut ini.

Smartwatch untuk olahraga

1. Heart Rate atau Detak Jantung

Jantung merupakan organ vital dan penting untuk tubuh. Hal ini karena organ jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Darah yang dipompa ke seluruh tubuh tersebut membawa oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel. Oleh karena itu, kesehatan jantung sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui status kesehatan, maka kita memerlukan analisis detak jantung salah satunya dengan menggunakan smartwatch Garmin. Menurut penelitian, saat suhu tubuh kita naik secara tidak normal, maka detak jantung ikut meningkat. Saat suhu tubuh turun, maka detak jantung dan kontraksi jantung akan menurun. 

Jika detak jantung istirahat seseorang nilainya tinggi, itu artinya mereka mengalami tingkat risiko terkena penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi serta memiliki masa hidup yang lebih pendek daripada orang yang tidak berisiko. Oleh karena itu, hal tersebut perlu dicegah salah satunya dengan olahraga secara teratur yang akan mengurangi aktivitas sympathetic nervous tubuh yang selanjutnya akan berefek pada penurunan denyut jantung istirahat yang meningkatkan fungsi jantung.

2. Mengetahui Tingkat Pernapasan

Kecepatan pernapasan yang normal pada orang dewasa adalah sekitar 12-20 napas per menit (brpm). Jika tingkat pernapasan lebih rendah, maka itu artinya kondisi kesehatan seseorang tersebut sudah cukup baik secara umum. Bahkan, selama olahraga, tingkat pernapasan pada orang yang bugar secara fisik seringkali lebih rendah daripada orang yang tubuhnya sedang bermasalah. Ada banyak teknik pernapasan yang bisa Anda coba untuk membantu melepaskan stres, membantu Anda lebih rileks, serta meningkatkan konsentrasi dan kualitas tidur Anda. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat pernapasan adalah menggunakan smartwatch Garmin yang bisa Anda gunakan setiap waktu.

3. Mendeteksi Tingkat Saturasi Oksigen dalam Darah

Nilai kadar saturasi oksigen dalam darah sebetulnya berkaitan dengan kondisi kesehatan paru-paru. Kadar saturasi oksigen yang ideal yaitu nilainya harus mencapai 95 hingga 100%. Sedangkan jika SpO2 yang lebih rendah dari angka 90, hal itu dianggap terlalu rendah. 

4. Mengetahui Kualitas Tidur

Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. Saat seseorang tidur, maka orang tersebut akan mengalami beberapa siklus rapid eye movement dan non rapid eye movement. Non rapid eye movement ada dua jenis, yaitu tidur yang dalam dan ringan. Saat Anda memiliki kualitas tidur yang bagus atau bisa tidur dengan nyenyak, maka tubuh Anda bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, membangun tulang, menumbuhkan otot dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada umumnya, orang dewasa yang sehat selalu mendapat paling tidak 15% hingga 25% dari tidur nyenyak setiap malam. Untuk mengetahui kualitas tidur, Anda bisa menggunakan smartwatch Garmin yang memiliki fitur sleep detection yang mampu merekam tingkat saturasi oksigen darah.

5. Memantau Kondisi Kesehatan Jiwa

Smartwatch Garmin memiliki fitur stress detection yang menggunakan variabilitas detak jantung untuk mengetahui tingkat stres dalam tubuh. Aktivitas seperti olahraga, aktivitas fisik, mental, dan tidur serta aktivitas sehari-hari dapat memengaruhi tingkat stres. Fitur yang terdapat pada smartwatch Garmin ini akan membantu Anda untuk memantau tingkat stres harian.

Cara Memberhentikan Penyebab Jantung Berdebar

Cara Memberhentikan Penyebab Jantung Berdebar

Apakah Anda pernah merasa jantung Anda berdebar atau berdebar lebih cepat dari biasanya? Seperti jantung Anda berdetak sangat kencang serta Anda merasakan denyut nadi pada leher dan dada. Anda mungkin mengalami palpitasi jantung. Mereka mungkin berlangsung hanya beberapa detik dan penyebab jantung berdebar mereka dapat terjadi kapan saja.Hal ini ketika Anda berbaring, bergerak, atau duduk.atau berdiri. 

Tidak semua kasus dengan jantung berdetak kencang memiliki kondisi jantung yang bermasalah. Jantung berdebar kencang bisa diakibatkan dari olahraga, stres, sakit, atau dehidrasi. 

Penyebab lain mungkin termasuk:

  • kehamilan
  • kafein
  • kondisi medis lainnya
  • obat-obatan tertentu
  • obat-obatan ilegal
  • produk tembakau

Teruslah membaca untuk mempelajari enam cara Anda dapat mengelola palpitasi jantung di rumah, kapan Anda harus menemui dokter, dan tips untuk jantung yang sehat.

Cara menghentikan jantung berdebar

Anda dan dokter Anda telah mengesampingkan penyebab palpitasi yang serius. Tetapi Anda masih ingin jantung Anda yang berdebar-debar untuk beristirahat.

Sayangnya, tidak ada tombol mati untuk jantung berdebar. Tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya terjadi.

1. Lakukan teknik relaksasi

Stres bisa menjadi penyebab terjadinya efek yang buruk pada kesehatan Anda. Ini dapat menyebabkan palpitasi atau memperburuknya.

Mungkin membantu untuk mencoba teknik relaksasi berikut:

  • meditasi
  • pernapasan dalam
  • membuat jurnal
  • yoga
  • menghabiskan waktu di luar ruangan
  • berolahraga
  • mengambil istirahat sejenak dari pekerjaan atau sekolah

2. Lakukan manuver vagal

Saraf vagus mempunyai berbagai fungsi seperti menghubungkan otak pada jantung.  Manuver vagal merangsang saraf vagus, serta bisa menolong untuk mengatur detak jantung cepat. Melakukan tindakan untuk merangsang saraf vagus di rumah perlu persetujuan dokter dahulu. 

Cara Anda dapat merangsang saraf yaitu:

  • Mandi dengan air dingin, lakukan percikkan air dingin ke wajah Anda, kemudian oleskan handuk dingin ke wajah selama 20 hingga 30 detik. Kejutan air dingin bisa membantu merangsang saraf. 
  • Ucapkan kata “Om” atau batuk dan muntah.
  • Tahan napas seperti sedang buang air besar.

Agar hasil baik lakukan manuver dengan berbaring telentang, dokter akan memberitahu cara melakukannya. 

3. Kurangi atau hilangkan asupan stimulan

Gejala dapat menjadi nyata setelah menggunakan stimulan.

Berikut ini mengandung stimulan:

  • produk tembakau
  • obat-obatan ilegal
  • beberapa obat flu dan batuk
  • minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda
  • penekan nafsu makan
  • ganja
  • beberapa obat kesehatan mental
  • beberapa obat tekanan darah tinggi

Tidak semua stimulan akan menyebabkan jantung berdebar pada setiap orang.

4. Minum air

Dehidrasi dapat menjadi penyebab jantung berdebar, yaitu karena darah Anda mengandung cairan, Apabila Anda mengalami dehidrasi maka darah akan jadi kental. Jika darah semakin mengental, maka jantung akan bekerja keras untuk memindahkannya melalui pembuluh darah. Maka membuat denyut nadi meningkat serta membuat palpitasi. 

Apabila merasa nadi menjadi naik, ambil segelas air untuk diminum. Jika terlihat urin Anda berwarna kuning gelap, maka Anda harus lebih banyak minum agar mencegah palpitasi.

5. Jaga keseimbangan elektrolit

Elektrolit merupakan molekul yang didapatkan pada seluruh tubuh agar membantu mentransfer listrik ke tubuh. Berbagai sinyal penting berperan untuk mengatur detak jantung. Anda bisa meningkatkan elektrolit dengan mengonsumsi makanan dengan kaya akan:

Diet dengan normal dapat menjadi sumber natrium.

Makanan berikut ini memiliki kandungan potasium yang tinggi:

  • kentang
  • pisang
  • alpukat
  • bayam

Produk susu dan sayuran berdaun hijau gelap kaya akan kalsium. Magnesium juga ditemukan dalam sayuran ini, serta kacang-kacangan dan ikan.

Anda mungkin ingin mengonsumsi nutrisi dengan dibantu mengonsumsi suplemen. Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba suplemen apapun, terutama jika mereka juga mengonsumsi obat resep.

6. Hindari stimulan

Ada berbagai zat yang bisa Anda miliki dengan jantung dengan cepat. Melakukan dengan menghilangkan rutinitas harian bisa mengurangi atau menghentikan gejala Anda termasuk:

  • minuman dan makanan berkafein
  • produk tembakau atau ganja
  • alkohol berlebihan
  • obat flu dan batuk tertentu
  • penekan nafsu makan
  • obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit mental
  • obat darah tinggi
  • obat-obatan terlarang seperti kokain, speed, atau methamphetamines

Pemicu Anda sendiri kemungkinan akan unik untuk Anda. Coba untuk membuat daftar apa yang Anda konsumsi yang menyebabkan jantung Anda berdebar.Jika memungkinkan, hindari item apa pun yang menurut Anda dapat menyebabkan gejala Anda dan lihat apakah gejala Anda berhenti. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda berpikir obat resep apa pun dapat menyebabkan gejala Anda.

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter jika palpitasi jantung cenderung berlangsung lebih lama dari beberapa detik. Dokter akan menentukan apa yang menyebabkan palpitasi. Kondisi ini biasanya meliputi:

  • penyakit jantung
  • masalah tiroid
  • kecemasan
  • gagal jantung
  • penyakit katup jantung

Penyebab lain dari jantung berdebar-debar meliputi:

  • Latihan
  • menekankan
  • dehidrasi
  • penyakit
  • beberapa obat
  • penggunaan obat-obatan terlarang
  • kehamilan
  • kafein
  • penggunaan tembakau
  • asupan alkohol yang berlebihan

Beberapa obat resep dapat menyebabkan jantung berdebar. Selain itu, apabila Anda pernah mengalami serangan jantung bisa juga mengalami palpitasi. Pengobatan akan tergantung pada penyebabnya. Seorang dokter dapat merekomendasikan hal berikut:

  • operasi
  • obat-obatan
  • alat pacu jantung

mengganti obat yang mungkin menyebabkan palpitasi.

Perawatan tambahan

Dalam banyak kasus jantung berdebar, tidak diperlukan pengobatan. Namun, ada baiknya ketika Anda mengalami palpitasi harus menghindari aktivitas, makanan, serta hal lainnya yang sebagai pemicu.

Coba untuk tahu dengan menulis apa yang menjadi penyebab Anda mengalami palpitasi. Menyimpan catatan juga dapat berguna jika Anda mengalami lebih banyak palpitasi dari waktu ke waktu. Anda bisa memberi informasi pada dokter ketika pertemuan mendatang.

Apabila dokter mengidentifikasi dari masalah penyebab jantung berdebar Anda, maka dokter akan merekomendasi Anda untuk dilakukan perawatan. Seperti, ketika melakukan tes diagnostik ditemukan bahwa Anda mempunyai penyakit jantung, maka dokter akan melakukan tindakan pada perawatan pada area itu. Pilihan untuk pengobatan penyakit jantung ada beberapa pilihan misalnya dengan obat-obatan, operasi, dan alat pacu jantung.

Serba-serbi Obat Sakit Kepala Tempra

tempra obat sakit kepala

Ketika anak demam, terkadang membuat orang tua kelimpungan. Belum lagi apabila demam yang dialaminya tersebut tak kunjung reda, semakin parah, atau bahkan disertai gejala lainnya. Kalau sudah begitu, kamu bisa memaksimalkan kinerja dari obat Tempra yang bermanfaat untuk meredakan demam si kecil.

Selain mengatasi sakit kepala, Tempra juga bermanfaat untuk mengatasi rasa nyeri, serta demam usai vaksinasi. Tempra sendiri mengandung bahan aktif paracetamol. Bahan ini memiliki efek antipiretik atau pereda demam dan analgesik atau pereda nyeri.

Mari kita kenali Tempra lebih dalam lagi dengan menyimak informasi di bawah ini dari segi pengenalan produk, dosis, hingga efek samping.

Varian Produk Tempra Paracetamol

Tempra memiliki tiga jenis produk yang dijual, yakni:

  • Tempra Sirop

Terkandung 160 mg paracetamol di dalam tiap 5 ml Tempra Sirop. Produk ini boleh dan memang dikhususkan untuk anak usia 1 sampai 6 tahun.

  • Tempra Forte

Teekandung 250 mg paracetamol di dalam tiap 5 ml Tempra Forte. Produk dengan sediaan sirop ini juga bisa digunakan oleh anak usia 6 tahun ke atas.

  • Tempra Drops (tetes)

Terkandung 80 mg paracetamol dalam tiap 0,8 ml Tempra Drops. Produk ini bisa digunakan oleh anak usia lebih muda, yakni 0-1 tahun.

Dosis Aman dan Aturan Pakai Tempra

Berdasarkan jenisnya, berikut ini merupakan pembagian dosis Tempra sesuai dengan usia anak:

Tempra Sirop

  • Anak berusia di bawah 2 tahundosis ditentukan oleh dokter, sesuai kondisi pasien.
  • Anak berusia 2-3 tahun: 5 ml, tiap 4 jam sekali.
  • Anak berusia 4-5 tahun: 7,5 ml, tiap 4 jam sekali.
  • Anak berusia 6-8 tahun: 10 ml, tiap 4 jam sekali.

Tempra Forte

  • Anak berusia 6-12 tahun: 5-10 ml, dikonsumsi 3-4 kali sehari.
  • Anak berusia di atas 12 tahun: 10-12,5 ml, 3-4 jam sekali.

Tempra Drops (tetes)

  • Anak berusia di bawah 3 tahun: dosis ditentukan oleh dokter sesuai kondisi pasien.
  • Anak berusia 3-9 bulan: 0,8 ml, tiap 4 jam sekali.
  • Anak berusia 10-24 bulan1,2 ml, tiap 4 jam sekali.

Cara Menggunakan Tempra yang Tepat

Pastikan kamu menggunakan Tempra sesuai dosis yang dijabarkan di atas atau sesuai dengan anjuran dokter atau keterangan yang tercantum di kemasan produk. 

Untuk Tempra berbentuk sirop, jangan lupa kocok obat sebelum diminum. Gunakan sendok atau gelas takar khusus yang disertakan dalam kemasan Tempra agar dosisnya lebih akurat.

Apabila mengonsumsi Tempra bentuk tetes, isi pipet sampai garis yang dianjurkan dan teteskan langsung di lidah.

Tolong simpan obat pada suhu ruangan dan hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung.

Perhatian Khusus Sebelum Mengonsumsi Tempra

  • Jangan konsumsi Tempra jika anak memiliki riwayat alergi terhadap kandungan paracetamol.
  • Jangan berikan Tempra dengan makanan atau minuman yang mengandung alcohol, karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko kerusakan hati dan ginjal.
  • Jangan mengonsumsi Tempra bersamaan dengan obat yang mengandung paracetamol, untuk menghindari overdosis.
  • Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami overdosis atau reaksi alergi obat setelah mengonsumsi Tempra.

Interaksi Tempra dengan Obat Lain

Jika digunakan bersama obat-obatan lain, kandungan paracetamol di dalam Tempra bisa menimbulkan efek interaksi obat yang di antaranya:

  • Peningkatan risiko terjadinya perdarahan, jika digunakan bersamaan dengan warfarin (senyawa sintetis yang berperan sebagai antivitamin-K).
  • Penurunan efek paracetamol, jika digunakan dengan carbamazepine, phenobarbital, dan phenytoin.
  • Peningkatan risiko terjadinya kerusakan ginjal, jika digunakan bersama isoniazid (obat antibiotik untuk mengatasi tuberkulosis (TBC)).

Efek Samping dan Bahaya Tempra

Adapun yang perlu diketahui mengenai efek samping dari penggunaan obat Tempra, seperti:

  • BAB berdarah atau hitam
  • Urine berdarah
  • Nyeri pada punggung
  • Penurunan frekuensi dan jumlah urine secara mendadak
  • Memar di beberapa bagian tubuh
  • Rasa lelah yang tidak wajar
  • Penyakit kuning 
  • Nafsu makan berkurang

Lekas pergi ke dokter bila muncul gejala yang disebutkan di atas, atau saat mengalami reaksi alergi obat, seperti munculnya ruam yang gatal di kulit, pembengkakan pada bibir dan mata, atau kesulitan bernapas.

Nah, itulah pengenalan produk Tempra untuk mengatasi demam, sakit kepala, rasa nyeri si kecil. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa menyetok Tempra mulai sekarang. Ada banyak varian Tempra yang beredar dan bisa didapatkan secara online.

Veet Hair Removal Cream, Krim Cukur Penghilang Bulu

veet krim pencukur bulu

Mempunyai tubuh mulus tanpa bulu adalah impian setiap wanita karena hal tersebut akan memberikan rasa percaya diri. Namun tak jarang banyak wanita yang menemukan tubuhnya penuh bulu sehingga untuk mengatasinya, perlu yang namanya Veet.

Ini adalah produk berupa krim yang didesain untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang biasanya terdapat pada kaki, tangan, dan bahkan ketiak.

Krim cukur ini cocok bagi Anda yang selalu ingin tampil dalam keadaan terbuka dengan memakai pakaian tanpa lengan di depan publik.

Selain itu, Anda tidak akan mengalami kesakitan saat menggunakannya seperti saat memakai metode waxing dan shaving.

Hair removal cream ini cocok digunakan untuk jenis kulit apa saja, yaitu normal, sensitif, dan kering.

Karena itulah terdapat 3 produk untuk jenis-jenis kulit tersebut, yaitu Lotus Milk and Jasmine untuk kulit normal, Aloe Vera dan Vitamin E untuk kulit sensitif, dan Shea Butter and Lily untuk kulit kering.

Yuk, mari kita bahas satu per satu produk krim penghilang bulu yang praktis ini!

Lotus Milk and Jasmine

Krim pencukur yang satu ini diperuntukkan bagi pemilik kulit normal. Di dalamnya terdapat kandungan lotus milk dan jasmine di dalamnya mampu melembutkan kulit dan memiliki efek yang menenangkan.

Produk juga dilengkapi dengan teknologi Silk & Fresh. Teknologi ini tiidak hanya menghilangkan bulu, tetapi juga terbukti secara klinis menjadikan kulit terasa lembap hingga 24 jam. 

Terdapat keharuman yang dihasilkan melalui terobosan  baru untuk keharuman untuk memastikan pengalaman menghilangkan bulu yang nyaman.

Terobosan ini tak hanya membuat kulit halus dan lembut, tetapi juga membuat kulit bernutrisi, dan bulu pun tumbuh menjadi lebih halus.

Aloe Vera and Vitamin E

Produk kedua adalah  Veet Hair Removal Cream Aloe Vera and Vitamin E yang dikhususkan bagi pemilik kulit sensitif.

Produk ini diklaim dapat melembutkan dan menyehatkan kulit dalam waktu 7 hari. Kandungan Aloe Vera dan Vitamin E nya mampu melembutkan, menyehatkan, dan mencegah iritasi pada kulit.

Sama seperti Lotus Milk and Jasmine, Aloe Vera and Vitamin E juga mempunyai teknologi  Silk & Fresh yang tidak hanya menghilangkan bulu, tetapi juga mampu secara klinis menjadikan kulit terasa lembap hingga 24 jam.

Shea Butter and Lily

Varian ketiga adalah Shea Butter and Lily yang dikhususkan bagi pemilik kulit kering. Kandungan Shea Butter dan Lily-nya mampu melembapkan dan menghaluskan kulit.

Seperti dua varian sebelumnya, varian ini juga memiliki teknologi Silk & Fresh yang mempunyai dampak positif bagi kulit.

Bentuk dan Kemasan

Semua varian krim cukur ini berbentuk tube yang volume isinya ada yang 25 gram dan 60 gram. Setiap kemasan dilengkapi dengan spatula untuk membantu mengoleskan krim ke kulit.

Bagaimana cara menggunakannya?

Untuk menggunakan krim penghilang bulu ini, Anda tentunya perlu melakukan beberapa hal berikut di bawah ini.

  • Gunakan spatula lalu aplikasikan krim  pada seluruh permukaan bulu secara merata.
  • Diamkanlah kulit selama 3-5 menit kemudian gunakan ujung spatula untuk membersihkan bulu pada sebagian permukaan kulit. 
  • Apabila bulu terlepas, gerakkan spatula pada permukaan kulit lainnya. Jika ternyata Anda masih sulit menghilangkan bulu, diamkan krim selama 6-10 menit, namun jangan terlalu lama.
  • Bersihkan kulit dengan air untuk menghilangkan krim kemudian keringkan

Berapa harganya?

Veet Hair Removal Cream ini dibanderol di kisaran Rp 24.000-an, dan dapat dibeli di convenience store atau toko-toko kecantikan offline dan online.

Buah untuk Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Buah untuk Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Diabetes adalah penyakit  yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula darah yang berlebihan. Adapun diabetes dibagi menjadi dua jenis, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Selain rutin konsumsi obat dan berolahraga, penderita diabetes tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui buah-buahan. Buah untuk diabetes dipercaya dapat memberikan asupan nutrisi seimbang bagi penderita.

Sekilas tentang diabetes

Diabetes menyebabkan terjadinya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa secara maksimal dan menyebabkan penumpukan dalam darah. Pada diabetes tipe 1, bagian tubuh yang diserang menyebabkan hancurnya sel penghasil insulin. Akibatnya, tubuh tidak dapat memproduksi sel insulin, sehingga gula yang seharusnya dapat diubah menjadi energi tidak dapat diolah dan mengakibatkan penumpukan dalam darah. Sedangkan pada diabetes tipe 2, tubuh masih sanggup menghasilkan insulin secara normal namun tidak bisa menggunakannya. Kondisi tersebut kerap disebut resistensi insulin. 

Adanya himbauan untuk mengurangi konsumsi rasa manis menyebabkan penderita diabetes selektif dalam memilih makanan dan minuman. Hal tersebut diupayakan agar tubuh tetap terjaga asupan nutrisinya dengan seimbang. Tak terkecuali bagi  buah-buahan. Penderita diabetes masih diperbolehkan untuk buah-buahan tertentu. Lantas, buah apa saja yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes?

Buah untuk Diabetes

Terdapat beberapa jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan dari buah-buahan ini dapat menurunkan dan mencegah adanya peningkatan gula dalam darah. Adanya kandungan serat yang terdapat dalam buah baik untuk memperlambat penyerapan nutrisi yang menyebabkan gula darah naik. Berikut jeni buah untuk diabetes yang aman dikonsumsi:

Pepaya

Rasa manis dalam pepaya ternyata memiliki kandungan gula dan indeks glikemik rendah sehingga baik untuk pasien diabetes. Buah pepaya juga berfungsi mengurangi risiko gangguan jantung dan melindungi hati. Sebagai referensi, buah pepaya dapat disajikan dalam keadaan dingin dengan cara disimpan dalam kulkas dan dipotong ukuran kecil. Menyimpan pepaya di ruangan pendingin meningkatkan kesegaran dan cocok dikonsumsi saat musim kemarau.

Beri

Kelompok buah beri direkomendasikan untuk penderita diabetes karena mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengurangi stres. Kandungan serat dalam buah beri turut  mencegah terjadinya kenaikan kadar gula dalam darah. Buah beri juga mengandung vitamin dan mineral esensial untuk  menunjang kesehatan tubuh.

Apel

Menurut American Diabetes Association (ADA), meskipun apel mengandung gula dan karbohidrat, apel tergolong buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Nmaun, penderita diabetes tetap harus waspada saat mengonsumsi apel, mengingat setiap tubuh memiliki toleransi makanan yang berbeda-beda. Nilai indeks glikemik apel sekitar 36 dan tergolong rendah. Mengonsumsi apel kemungkinan besar tidak berisiko besar terhadap peningkatan kadar gula  darah. 

Kiwi

Kiwi merupakan buah yang memiliki sumber kalium, serat dan vitamin C yang baik untuk tubuh. Kiwi menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi bagi penderita diabetes karena kombinasi kandungan air, serat serta indeks glikemik yang dimiliki oleh buah kiwi sebesar 48,5, tergolong rendah risikonya. Adanya serat larut yang terkandung didalamnya akan membantu penyerapan gula menjadi lebih lambat dan menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Alpukat

Buah untuk diabetes selanjutnya adalah alpukat. Kandungan lemak jenuh dalam alpukat baik untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Untuk penyajiannya, alpukat bisa, diolah menjadi salad atau dipotong-potong untuk langsung dimakan.

Itulah contoh buah untuk diabetes yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Mengonsumsi buah yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Penyebab dan Gejala dan Obat Ruam Popok Pada Bayi

obat ruam popok

Ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi yang disebabkan oleh gesekan kulit dan popok bayi hingga menyebabkan munculnya kemerahan di bagian bokong dan sekitarnya. Beberapa ruam kadang terlihat bersisik di area genital dan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal dan perih.

Ruam popok atau diaper rash muncul di area yang hangat dan lembab. Umumnya, kondisi ini terjadi karena popok basah yang tidak segera diganti, kulit yang sensitif, atau lecet akibat faktor lain.

Ketika bayi mengalami diare, hal ini dapat memperburuk kondisi ruam popok seperti yang dilansir dari Healthline. Pergantian popok yang ideal yaitu tiga hingga empat jam. Perlu diingat bahwa sifat asam dari kotoran manusia memungkinkan bakteri dan ragi berkembang biak. Semua elemen ini dapat mengiritasi kulit.

Terkadang, popok yang terlalu ketat atau tidak pas akan menyebabkan lecet. Bahan kimia dari deterjen atau produk lain yang menyentuh kulit bayi, termasuk popok itu sendiri, dapat menyebabkan iritasi.

Masalah ini bisa diatasi dengan memberikan obat ruam popok yang dapat menyembuhkan rasa gatal dan perih yang muncul karena iritasi. Namun sebelum itu, mari kita ketahui dulu apa saja penyebab dari munculnya ruam popok pada bayi.

Penyebab ruam popok pada bayi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi pada bayi Anda, beberapa diantaranya seperti:

Iritasi kulit karena paparan feses dan urine

Paparan urine dan feses dapat mengiritasi kulit bayi yang sensitif. Bayi akan lebih rentan terhadap ruam popok jika sedang diare, karena kotoran (feses) bisa lebih mengiritasi dibandingkan urine.

Maka dari itu, jangan biarkan urine atau feses didiamkan terlalu lama di dalam popok bayi karena sifat asam dari kotoran manusia memungkinkan munculnya bakteri yang dapat membuat kulit bayi terkena iritasi.

Gesekan atau lecet karena popok terlalu ketat

Memilih popok yang paling sesuai dengan ukuran akan sangat penting karena popok atau pakaian ketat dapat menyebabkan gesekan pada kulit, sehingga menimbulkan lecet yang akhirnya menjadi ruam

Infeksi bakteri atau jamur

Area yang tertutup popok, seperti bokong, paha dan alat kelamin, biasanya rentan terkena infeksi karena area tersebut menjadi lembab dan hangat. 

Kondisi ini menjadikannya sebagai area yang cocok untuk perkembangan bakteri atau jamur. Ruam dan bintik merah dapat muncul pada area yang memiliki lipatan kulit seperti di pangkal paha.

Kulit sensitif

Bayi dengan kondisi kulit seperti dermatitis atopik (radang kulit akibat alergi) akan lebih rentan terhadap ruam popok.

Penggunaan antibiotik

Antibiotik bekerja dengan cara membunuh bakteri yang ada dalam tubuh. Terkadang, selain membunuh bakteri jahat penyebab penyakit, antibiotik juga malah melawan bakteri baik yang menjaga pertumbuhan jamur dalam tubuh. 

Akibatnya, bayi rentan terhadap ruam popok karena infeksi jamur. Penggunaan antibiotik juga dapat memberikan efek samping berupa diare yang dapat membuat iritasi semakin menjadi.

Gejala ruam popok pada bayi

Secara umum, gejala yang akan terlihat ketika bayi mengalami masalah ruam popok adalah dengan timbulnya kemerahan di bagian kulit yang tertutup popok bayi seperti bagian bokong, paha, ataupun sekitar daerah kelamin.

Biasanya bayi akan menangis saat popoknya diganti, karena adanya rasa tidak nyaman yang disebabkan dari iritasi karena popok yang digunakan. Bayi dengan ruam popok seringkali rewel dan menangis ketika area popok dibilas atau disentuh.

Mengutip Healthline, kulit yang terkena ruam popok mungkin juga terasa hangat saat disentuh. Hubungi dokter jika ruam popok berwarna merah terang berlangsung lebih dari 48 jam atau disertai dengan bau urin yang kuat, yang dapat mengindikasikan dehidrasi.

Mengobati ruam popok pada bayi dapat dilakukan dengan memberikan obat ruam popok seperti Pure Baby Diaper Cream, yaitu pelembap yang berfungsi untuk meredakan ruam atau kemerahan pada kulit bayi akibat penggunaan popok. 

Pure Baby Diaper Cream mengandung zink oksida, minyak jarak, dan minyak bunga matahari. Zink oksida bekerja efektif untuk melindungi kulit dari kemerahan ringan, sedangkan minyak jarak akan menjaga kelembapan dan kelembutan kulit bayi.

Kemudian, minyak bunga matahari berperan penting untuk meregenerasi kulit agar bayi merasa nyaman dan terhindar dari iritasi. Krim ini aman digunakan setiap hari karena bebas alkohol atau alcohol free.

Untuk membeli obat ruam popok Pure Baby Diaper Cream, Anda bisa membelinya di toko SehatQ yang bisa ditemukan di website atau aplikasi SehatQ. Download aplikasinya melalui App Store / Play Store sekarang