Alasan Pentingnya Cek Kesehatan Pra Nikah

Dekorasi, katering, jumlah tamu undangan hingga gaun pernikahan mungkin menjadi prioritas Anda saat persiapan pernikahan. Akan tetapi, ada hal penting lain yang sebenarnya harus masuk ke dalam list tersebut. Pemeriksaan pranikah, atau cek kesehatan pra nikah, harus menjadi bagian penting dari setiap keluarga berencana. Anda dapat melakukannya cek kesehatan pra nikah supaya tidak terlalu mahal. Pemeriksaan pranikah sangat penting karena beberapa aspek berikut ini.

Pentingnya cek kesehatan pra nikah 

Infertilitas adalah suatu kondisi di mana tidak mungkin hamil meskipun sering melakukan hubungan seksual tanpa kondom selama satu tahun atau lebih. Secara global, 15% pasangan usia subur mengalami infertilitas. Pasangan yang ingin menikah dan hamil dalam beberapa tahun ke depan harus melakukan pemeriksaan pranikah untuk memeriksa kesuburan dan masalah lain yang dapat mempengaruhi keluarga berencana.

Cek kesehatan pra nikah melibatkan tes serupa dengan pemeriksaan kesehatan rutin dan beberapa tes tambahan. Tes tambahan yang terlibat membantu mendeteksi komplikasi kesuburan dan kesehatan, serta cacat keturunan. Alasan mengapa Anda perlu melakukan cek kesehatan sebelum memulai sebuah keluarga adalah karena beberapa orang tidak menyadari komplikasi kesehatan atau kelainan genetik yang mungkin mereka alami, terutama jika tidak mengalami gejala umum.

Melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menikah akan memastikan Anda siap untuk tahap selanjutnya dalam kehidupan. Ini juga akan memberi Anda cukup waktu untuk mendiskusikan dan menangani masalah kesehatan dengan pasangan sebelum menikah.

Manfaat cek kesehatan pra nikah 

Cek kesehatan pra nikah merupakan bagian integral dari keluarga berencana yang tepat untuk semua pasangan. Dengan memilih pemeriksaan pranikah dan tes kesuburan, pasangan dapat menghindari banyak masalah dan memulai pernikahan mereka dengan tenang.

Ada beberapa manfaat cek kesehatan pra nikah, antara lain:

– Mengevaluasi kesiapan pasangan untuk anak-anak

– Mengidentifikasi potensi masalah atau kondisi terkait kesehatan yang dapat memengaruhi kehamilan dan janin

– Meningkatkan kesuburan melalui rencana perawatan yang tepat

– Pra-perencanaan untuk tindakan alternatif, seperti surrogacy atau IVF

Tes cek kesehatan pra nikah yang harus dilakukan

Sebelum pemeriksaan pranikah yang komprehensif dimulai, seorang ob-gyn akan mengambil riwayat medis dan informasi kesehatan yang relevan dari kedua belah pihak. Sementara calon pengantin biasanya menjalani tes yang berbeda. Tes skrining untuk pasangan meliputi:

– Penilaian kesehatan umum

– Tes darah

– Pemeriksaan ginekologi

– Penilaian kesehatan umum membantu mengevaluasi status kesehatan pasangan secara keseluruhan. 

Penilaian biasanya meliputi:

– Bobot

– Tinggi

– Tekanan darah

– Fungsi pernapasan

– Fungsi kardiovaskular

– Pemeriksaan payudara

– Pemeriksaan perut

– Tes darah untuk membantu mendeteksi tanda-tanda yang dapat mengakibatkan kondisi abnormal. 

Tes darah untuk pemeriksaan pranikah meliputi:

– Kelompok tes darah

– Tes serologis

– Penyakit yang mendasari, seperti hipertensi dan diabetes

– Penyakit keturunan, seperti thalassemia

– Pemeriksaan ginekologi

Pemeriksaan ginekologi dirancang untuk menilai kesehatan sistem reproduksi wanita. Pemeriksaan umum biasanya menggunakan spekulum untuk melihat serviks dan vagina. Pemeriksaan ini membantu mendeteksi kondisi ginekologi dan kelainan yang dapat memengaruhi peluang kehamilan. Selain itu, prosedur khusus seperti pap smear digunakan untuk mendeteksi kanker serviks.

Cek kesehatan pra nikah untuk wanita

Sementara cek kesehatan pra nikah melibatkan tes serupa untuk pria dan wanita, ada beberapa tes tambahan untuk wanita yang ingin hamil di masa depan. Wanita paling subur antara usia 18 dan 35. Setelah jendela itu, kesuburan mulai menurun. cek kesehatan pra nikah tidak hanya dapat membantu mendeteksi kelainan yang memengaruhi kesuburan, tetapi juga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Ultrasonografi vagina sering direkomendasikan untuk memeriksa sistem reproduksi wanita sebelum hamil. Pemindaian pencitraan memberikan tampilan yang jelas pada organ reproduksi, membuatnya lebih mudah untuk mendeteksi kelainan dan penyebab yang perlu dikhawatirkan.

Risiko mengabaikan cek kesehatan pra nikah 

Berbagai masalah mungkin muncul jika pasangan melewatkan cek kesehatan pra nikah. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi antara lain:

– Buang-buang waktu yang dihabiskan untuk mengobati masalah kesuburan yang sebenarnya bisa dideteksi dan diobati lebih awal.

– Kurangnya perencanaan kehamilan yang tepat.

– Stres dan kecemasan ekstrim selama kehamilan karena kurangnya persiapan dan perencanaan.

– Peningkatan risiko komplikasi serius selama kehamilan, seperti anemia, diabetes, dan gangguan tiroid.

– Komplikasi janin, seperti keguguran dan persalinan prematur

Masalah pasca-pernikahan

Gagal mendapatkan tes kesuburan dapat merusak ikatan di antara pasangan. Dalam beberapa kasus, hasil negatif selama tes pranikah dapat menyebabkan pernikahan dibatalkan. Sebaliknya, menghindari ujian sama sekali dapat merusak kehidupan pernikahan.

Meskipun pasangan berharap untuk menikah, banyak yang tidak nyaman dengan gagasan pemeriksaan pranikah. Namun, cek kesehatan pra nikah merupakan bagian penting dari menjadi sehat secara keseluruhan. Meskipun Anda mungkin tidak selalu ingin melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menikah, hal itu dapat mengarah pada kehidupan pernikahan yang bahagia antara dua pasangan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *