Fasidol Sirup dan Tips Mengatasi Demam Anak

Anda mungkin panik ketika suhu tubuh anak mencapai di atas 38 derajat Celsius. Pasalnya, itu menandakan anak Anda sedang demam. Pemberian obat seperti Fasidol Sirup biasanya akan segera dilakukan untuk membuat suhu tubuh lekas menurun. 

Sebenarnya, demam yang terjadi pada anak lumrah terjadi. Ini merupakan respons tubuh berperang melawan infeksi virus maupun bakteri. Selain pemberian obat anti demam, beberapa langkah lainnya perlu Anda lakukan supaya suhu tubuh anak bisa lekas kembali normal. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi demam anak. Pada kenyataannya, demam anak tidak perlu terlalu dikhawatirkan, namun harus juga diwaspadai. 

Kompres Air Hangat 

Memberi kompes air hangat di kepala anak bisa menjadi salah satu cara yang Anda tempuh untuk menurunkan suhu tubuh. Pastikan, kompres yang Anda gunakan tidak terlalu panas. Kompres akan membuat anak merasa lebih nyaman dan memicu keringat keluar sehingga berpengaruh pada suhu tubuh yang bisa turun lebih cepat. 

Berikan Pakaian Tipis 

Tidak perlu melapisi anak dengan berbagai pakaian tebal ketika ia sedang demam. Anda cukup memberikannya pakaian yang tipis dan menyerap keringat. Pakaian tebal hanya membuat anak kepanasan dan suhu tubuhnya justru bisa meningkat lagi. Sementara itu, pakaian tipis akan membuatnya nyaman dan sejuk. Bahan kain yang menyerap keringat juga sangat penting karena pada saat demam, anak akan lebih mudah berkeringat. Satu lagi, Anda tidak perlu menyelimuti anak Anda dengan selimut tebal karena akan membuatnya semakin tidak nyaman dan kepanasan. 

Turunkan Suhu Ruangan 

Suhu ruangan yang terlalu panas akan membuat demam anak sulit turun. Maka ketika anak demam, Anda bisa menurunkan suhu ruangan menjadi lebih dingin. Anda bisa menurunkan suhu ruangan dengan memakai air conditioner, kipas angin, atau bahkan dengan membuka jendela dan memastikan sirkulasi udara lebih baik. 

Perbanyak Minum Air 

Mengonsumsi banyak air bisa membuat air menjadi lebih mudah buang air. Semakin banyak ia buang air kecil, semakin cepat panas tubuhnya turun. Memberikan si keicl minum banyak air pada saat demam juga bisa meminimalkan komplikasi dehidrasi pada anak. Tidak melulu harus air putih, Anda juga bisa menawarkan air dalam bentuk jus ataupun minuman lain yang disukai anak. 

Berikan Parasetamol

Anda juga bisa menggunakan parasetamol untuk menurunkan demam si kecil. Tapi, pemberian parasetamol hanya bisa untuk anak yang sudah berusia di atas 3 bulan. Anda juga sebaiknya mengonsultasikan pemberian obat ini dengan dokter anak terlebih dahulu agar dosisnya tepat. Fasidol Sirup sendiri merupakan salah satu parasetamol dalam bentuk cair yang akan disukai si kecil sehingga meminimalkan drama saat memberikannya. 

Mandikan dengan Air Hangat 

Apakah anak boleh mandi saat demam? Tentu saja boleh. Tidak ada alasan untuk tidak memandikan si kecil. Membiarkan anak tidak mandi justru membuatnya tidak nyaman. Anda bisa memandikan si kecil dengan air hangat ketika demam. Justru dengan memandikannya memakai air hangat, panasnya bisa lebih cepat turun. 

Konsumsi Makanan Bergizi 

Demam merupakan bentuk perlawanan dan perang tubuh anak terhadap virus dan bakteri yang menyerangnya. Semakin imunitas anak kuat, semakin ia bisa melawan virus dan bakteri dengan cepat sehingga demamnya lekas menurun. Pemberian makanan bergizi dengan kandungan protein tinggi dapat membuat imunitas anak semakin membaik sehingga demamnya juga bisa lekas turun. 

*** 

Jika pemberian Fasidol Sirup dan berbagai tips di atas tidak kunjung menurunkan demam anak, jangan ragu untuk segera membawanya ke dokter. Penanganan medis yang lebih intens juga dibutuhkan jika demam anak tidak turun lebih dari tiga hari. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *