Konsultasi ke Dokter Anak Rumah Sakit di Pasuruan, Sahabat

Rumah Sakit di Pasuruan, Sahabat memiliki spesialis anak yang kredibilitas dan sudah bersertifikat. Anda dapat melakukan pemeriksaan ataupun konsultasi jika anak mengalami beberapa masalah seputar kesehatan maupun tumbuh kembangnya. Akan tetapi, sebelum mendatangi dokter spesialis anak di Rumah Sakit di Pasuruan, Sahabat ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa pertanyaan penting dan mendasar yang wajib dilontarkan seperti berikut. 

1. Bagaimana cara mengetahui apakah anak saya berkembang secara normal atau tidak?

Setiap orang tua ingin anak mereka mencapai potensi tumbuh kembang yang maksimal. Ketika ada masalah perkembangan, yang terbaik adalah mengatasinya sedini mungkin, pada saat sistem saraf anak masih mengalami pertumbuhan dan perubahan paling besar.

Ingatlah bahwa semua anak berkembang secara berbeda dan ada kisaran perkembangan yang dianggap ‘normal’. Beberapa anak mungkin mengalami keterlambatan perkembangan di beberapa hal lain, sementara mereka mengembangkan keterampilan pada elemen tertentu. Misalnya, bukan hal yang aneh untuk melihat perkembangan bicara anak yang terlihat lebih cepat sedangkan keterampilan motorik kasar seperti berjalan lebih lambat.

Selain itu, selalu bicarakan dengan dokter anak di Rumah Sakit di Pasuruan, Sahabat mengenai masalah perkembangan yang Anda miliki. Perlu diingat juga, jika Anda masih khawatir, sebaiknya selalu mencari evaluasi melalui program intervensi dini lokal agar perkembangan anak dapat dievaluasi secara berkala.

2. Apa itu intervensi dini dan bagaimana hal itu dapat membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak?

Intervensi dini adalah sekelompok layanan untuk anak di bawah usia 3 tahun yang disediakan oleh terapis okupasi, terapis fisik, guru perkembangan, terapis wicara, dan konsultan yang mengkhususkan diri dalam penglihatan atau pendengaran.

Layanan ini diberikan kepada anak-anak dengan atau tanpa diagnosis yang mengalami keterlambatan dalam beberapa bidang perkembangan karena alasan apa pun. Layanan ini disediakan di lingkungan paling alami anak termasuk rumah, tempat penitipan anak, atau lingkungan komunitas lainnya. 

3. Bagaimana cara saya untuk mendorong perkembangan?

Tahun-tahun awal kehidupan seorang anak adalah masa di mana pertumbuhan dan perkembangan tercepat terjadi. Manfaatkan rutinitas harian sebagai waktu untuk berinteraksi dengan anak. Misalnya, saat mengganti popok atau sebatas kontak mata sambil bernyanyi untuk anak. Saat berbelanja dengan anak, bicarakan tentang makanan yang Anda lihat, ajukan pertanyaan kepada anak dan bantu mereka untuk mendeskripsikannya. Mintalah anak membantu pada waktu makan dengan membiarkan mereka melakukan hal-hal seperti memasukkan bahan ke dalam salad atau membantu mengaduk makanan.

4. Anak saya melakukan kontak mata dengan saya, tetapi ada yang aneh dengan interaksinya. Bagaimana saya bisa tahu jika anak saya menderita autisme?

Untuk mendiagnosis autisme, seorang anak perlu dievaluasi oleh seorang profesional seperti dokter anak perkembangan, ahli saraf anak, psikolog anak atau psikiater di Rumah Sakit di Pasuruan, Sahabat.

Namun, beberapa perilaku yang terkait dengan autisme, selain penurunan jumlah kontak mata termasuk perilaku berulang, perilaku obsesif dan kompulsif, amukan kuat yang tidak dapat dijelaskan, keterlambatan bahasa, kesulitan atau keterlambatan dalam interaksi sosial, masalah tidur, keterlambatan perkembangan motorik dan pilih-pilih makan. Ini adalah beberapa tetapi tidak semua perilaku atau gejala mungkin terlihat pada anak-anak yang memiliki diagnosis di suatu tempat pada spektrum autistik.

Perlu diketahui bahwa tidak semua anak autis memiliki karakteristik yang sama persis. Ini adalah gangguan ‘spektrum’ di mana anak-anak hadir dengan gejala yang berbeda dan berbagai tingkat keparahan dari setiap gejala yang ada. Kadang-kadang perbedaan perilaku mungkin agak ringan, dan anak mungkin dianggap sebagai ‘eksentrik’, ‘aneh’, atau ‘berbeda’.

Jika Anda memiliki kekhawatiran bahwa anak mungkin menunjukkan beberapa perilaku di atas, atau perilaku lain yang mengkhawatirkan, jangan menunggu untuk melihat apakah itu menjadi lebih baik atau lebih buruk dengan sendirinya. Segera bicaralah dengan dokter anak di Rumah Sakit di Pasuruan, Sahabat  tentang masalah ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *