Layanan NICU RS Bunda Aliyah

Ketika buah hati terlahir terlalu awal, memiliki gangguan kesehatan tertentu, atau kelahiran yang sulit, bayi akan di rawat di NICU RS Bunda Aliyah. NICU merupakan singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit atau unit perawatan intensif yang disediakan khusus untuk bayi baru lahir. Di ruang NICU, bayi akan mendapatkan perawatan menyeluruh sepanjang waktu dari sekumpulan tim ahli yang siap sedia memberikan apapun yang dibutuhkan oleh buah hati.

Kebanyakan bayi akan dirawat di NICU dalam waktu 24 jam setelah dilahirkan. Berapa lama mereka perlu dirawat di NICU akan sangat bergantung pada kondisi kesehatan mereka. Beberapa bayi mungkin hanya perlu berada di NICU RS Bunda Aliyah selama beberapa jam hingga hari. Namun tidak sedikit pula yang perlu tinggal selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. 

Salah satu layanan utama RS Bunda Aliyah adalah layanan NICU. Prasarana serta sarana medis di RS Bunda Aliyah sangatlah lengkap dan memiliki teknologi yang canggih. Diharapkan, pelayanan NICU RS Bunda Aliyah mengobati dan/atau mencegah terjadinya kegagalan organ penting yang dapat dialami oleh bayi yang baru saja dilahirkan. Kegagalan organ penting tersebut berpotensi terjadi terutama pada bayi yang lahir premature, atau bayi yang lahir kurang dari 37 minggu kehamilan, serta bayi yang lahir dengan penyakit bawaan atau turunan. 

Ada berbagai macam jenis perawatan NICU di RS Bunda Aliyah, masing-masing didesain dan disesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda. NICU menyediakan layanan untuk bayi yang menderita sakit ringan dan tidak membutuhkan penggunaan infus, bayi dengan kondisi penyakit sedang dan membutuhkan penggunaan incubator, infus, tabung oksigen, dan monitor paru-paru dan jantung, serta bayi sakit parah atau berat yang membutuhkan penanganan serta pemantauan yang ketat.

Selain itu, NICU juga didesain untuk bayi yang terlahir premature dengan usia kandungan yang kurang dari 34 minggu atau bayi memiliki berat tubuh kurang dari 510 gram. Adapun beberapa alat-alat canggih yang disediakan di NICU RS Bunda Aliyah di antaranya adalah:

  • Infant warmer. Ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk menstabilkan serta mengontrol suhu tubuh si kecil, terutama ketika ia baru saja dilahirkan. 
  • Incubator. Alat ini digunakan untuk mempertahankan kondisi lingkungan di sekitar bayi agar sesuai, khususnya untuk para bayi yang baru saja dilahirkan dan/atau menderita penyakit tertentu. 
  • Infusion pump. Alat ini digunakan untuk memberi obat-obatan atau cairan infus dalam takaran yang akurat dan terus menerus sesuai dengan kebutuhan si kecil. 
  • Syringe pump. Alat yang digunakan untuk memberi obat dan cairan infus dengan lebih aman. Ketepatan sangat akurat sesuai dengan kebutuhan bayi Anda. 
  • Alat monitor. Ada banyak alat minotor yang disediakan di RS Bunda Aliyah, seperti alat yang digunakan untuk memonitor jantung dan paru dan juga pulse oximeter, sebuah alat untuk memantau pernapasan dan denyut jantung serta berapa banyak kadar oksigen yang ada di dalam darah bayi secara terus menerus. 
  • Alat bantu pernapasan C-PAP, merupakan singkatan dari “continuous positive airway pressure”  yang digunakan untuk bayi premature dan mengalami gangguna pernapasan yang disebabkan karena paru tidak dapat mengembang dengan sempurna. 
  • Ventilator multifungsi yang digunakan bayi yang memiliki gangguan pernapasan berat.

Berbagai sarana dan prasarana tersebut diatas memiliki teknologi modern dan canggih guna menjawab berbagai macam kebutuhan si kecil di ruang NICU RS Bunda Aliyah. Layanan NICU didesain untuk bayi yang lahir premature dan/atau membutuhkan perawatan khusus karena suatu kondisi kesehatan tertentu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *